1. Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur
dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan
computer disebut ….
A. System Operasi
C. Spreadsheet E. Bahasa Pemrograman
B. Software Utility D. Word Processing
2. Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
A. True/False* C. Up/Down E. Height/Weight
B. Right/Left D. On/Off
3. Yang
bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
A. Bervariabel C.
Berfungsi seperti flowchart E. Benar Semua
B. Bergambar D. Menjelaskan Algoritma
4.
Nama lain dari flowchart adalah ….
A. Algoritma B.
Alur
C. Bagan alir* D. Tree E.
Diagram
5. Tipe data yang mampu menampung
banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
A. Array B. String
C. Record* D. Subrange E. Character
6. Urutan langkah-langkah logis untuk
menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
A. Algoritma* C. Variabel E. Konstanta
B. Flowchart D. Tipe
data
7.
Tentukan manakah
nama-nama variabel berikut ini yang benar !
A. nama.guru C. 2x Buku E. Harga buku
B. NamaGuru* D. harga/buku
7. Yang dimaksud dengan konstanta
adalah ….
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa
diubah-ubah*
B. Variabel yang nilainya
bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan
dari user
E. Variabel yang nilainya
kosong
8. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga,
maka tipe data yang
Digunakan adalah jenis
….
A. Gambar/image* C. Record E. Char
B. Array D. Boolean
9. Bilangan
genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
A. 4 B. 3 C. 2 D. 1 E. 0*
10. Penulisan
algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang
menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
A. Flowchart C. Data flow E. Coding
B. Pseudocode* D. Aplikasi
11. Bilangan
ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
A. 0 B. 1* C. 2 D. 3 E.
12.
Variabel
yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkan adalah ….
A. Algoritma B. Konstanta C. Variabel* D. String E.
Boolean
13. Variabel logika yang berhubungan dengan
operator OR, AND, dan NOT
merupakan variabel dengan tipe data ….
A. Array B. Numerik C. String D.
Boolean* E. Algoritma
14.
Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung
banyak nilai dalam satu waktu dan bersifat homogen adalah ..…
A. Algoritma B. Konstanta C. Array* D. String E. Boolean
15. Yang
menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
A. Data Flow B. Data C. Terminator* D. Decision E. Process 16. Merupakan algoritma yang
dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk
tertentu, adalah pengertian dari .....
A. Algoritma C.
Pseudocode E. Konstanta
B. Array
D. Flowchart*
17. Berfungsi
untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
variabel counter, adalah .....
A. Terminator C. Process
E. Preparation*
B. Decision
D. Arrows
18. Bentuk belah
ketupat pada
diagram flowchart diberi nama .....
A. Data Store C. Connector E. Decision*
B. Process D. Terminator
19. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
pengertian dari …..
A.
Variabel* B. Konstanta C. Numerik D. String E. Boolean
20. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,
adalah pengertian …..
A.
Variabel B. Konstanta C. Numerik D. String E. Boolean
21. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
A. Nama variabel tidak boleh
menggunakan kata-kata kunci
B. Nama variabel tidak boleh
mengandung karakter-karakter khusus
C. Nama variabel harus diawali
dengan angka*
D. Nama variabel harus diawali
dengan huruf
E. Tidak boleh menggunakan
spasi
22. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan
data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric C. Date time E. Integer
B. Varchar* D. Array
23. Tipe data yang cocok untuk menjelaskan
data tanggal lahir adalah
menggunakan tipe data …..
A. Numeric C. Date time* E. Integer
B. Varchar D. Array
24. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita.
Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus mamiliki sifat ...
A. Cepat C. Rumit E. Logis*
B. Berurutan
D. Realistis
25. Lengkapilah
pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi /
hasil.
A. Input* C. File E.
Database
B. Masalah D.
Proses
26. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
A. Print C. End*
E. Start
B. Writeln
D. Readln
27. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan
program adalah…
A. Print C. End E.
Start
B. Writeln* D.
Readln
28. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk
memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer
disebut…
A. Linier C.
Output E. Serial
B. Tipe Data* D.
Universal
29. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai
berupa karakter/ huruf disebut tipe data...
A. Boolean C. Date Time E. Numerik
B. Array
D.
String / Char*
30. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
A. Konstanta* C.
Flowchart E. Long
Int
B.
Variabel D. Integer
31. Dibawah ini beberapa struktur dasar
algoritma antara lain …..
A. Urutan, Pilihan, Pengulangan D. Pemulihan,Urutan, Pemograman
B. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan E. Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan
C. Urutan, Pemulihan, Pengulangan
32. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara
lain …….
A. Pengulangan C. Pemulihan E. Pengaturan
B. Perbaikan D. Pemograman
33. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang
satu dengan yang lain adalah Symbol…….
A. Terminator
C. Flow Direction E. Input-output
B. Display D.
Processing
34. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah
Symbol ……
A. Terminator C. Flow Direction E.
Input-output
B. Display D.
Processing
35. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh
komputer adalah Symbol ……
A. Terminator
C. Flow Direction E. Input-output
B. Display D. Processing
36. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah
Symbol …
A. Pilihan C. Urutan E. Pemograman
B. Pengulangan D. Pemulihan
37. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
A. Head
Input Proses Output End
B. Input Loading Proses Output Stop
D. Start Read Proses Output Stop
C. Start
Read Proses Write Stop
C. Head
Read Loading Write End
I. Essai
(Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar)
1. Apa
perbedaan algoritma dan flowchart ?
2. Sebutkan
3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?
3. Sebutkan
aturan dalam pemberian nama variable ?
4. Sebutkan Min. 5 simbol pada
flowchart dan sebutkan fungsinya ?
5. Buatkan
1 contoh penulisan algoritma dalam bentuk Pseudocode dan Flowchart?
Trims banget
BalasHapusRekomendasi Artikel Terkait, lengkap
BalasHapusPranala --> STRUKTUR DASAR ALGORITMA PEMROGRAMAN
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKunci jawaban ada gak gan,tujuan ane cuma buat nyocokin hasil cbt ane mana yang salah
BalasHapuskunci jawaban nya mana gan?
BalasHapus*
BalasHapusKunci jawabannya mana kakak?
BalasHapusterima kasih sangat menginspirasi
BalasHapuskunci jawabane mek titik, ndasmu a...!!!!!
BalasHapusTerima kasih infonya
BalasHapusMy blog
terima kasihhhh
BalasHapusjawabannya dong kak, butuh nih bat isi ulangan hehe
BalasHapusijin pake ya soalnya hehe
BalasHapusYahh gk ad kunci jawabannya:(
BalasHapus